Tips Perjalanan menggunakan Kereta di Jepang

By | January 14, 2020
Tips Perjalanan menggunakan Kereta di Jepang

Tips Perjalanan menggunakan Kereta di Jepang sangatlah diperlukan, mengingat negara ini memanfaatkan kereta sebagai alat tranportasinya. Banyak orang lokal bahkan wisatawan menggunakan layanan ini untuk mengakomodasi kebutuhan mobilitas mereka.

Dengan mode dan jalur kereta yang terintegrasi dengan baik, sayang sekali kamu tidak menggunakan fasilitas ini ketika berkunjung ke Jepang. Lagi pula, bepergian keliling Jepang dengan kereta merupakan salah satu metode untuk menghemat biaya.

Mengenal Jenis Kereta di Jepang

Ketika kamu mendengar Jepang dan Kereta, hal yang kamu pikirkan mungkin shinkansen, atau kereta super cepat. Ini tidak salah, tetapi pastikan bahwa kamu juga tahu shinkansen bukan satu-satunya jenis kereta di yang ada Jepang. Beberapa jenis kereta di Jepang, yaitu:

  • Futsu (Local) Kereta dengan kecepatan lambat yang selalu berhenti di setiap stasiun.
  • Kaikosu (Rapid) Kereta yang memiliki harga tiket yang sama dengan kereta lokal, tetapi hanya berhenti di beberapa stasiun kecil.
  • Kyuko (Express) Kereta yang termasuk ke dalam kelompok kereta cepat dan hanya berhenti di beberapa stasiun.
  • Tokkyu (Limited Express) Kereta dengan kecepatan lebih tinggi dari kereta ekspres dan sering disingkat sebagai ‘LTD.EXP.’ . Kereta ini juga hanya berhenti di beberapa stasiun.
  • Shinkansen (Super Express) Kereta tercepat di Jepang dan tidak melalui semua stasiun. Secara umum, nama stasiun yang dilewati akan memiliki awalan ‘shin’ , seperti Stasiun Shin-Aomori, Shin-Osaka, dan sebagainya.

Tips Membaca Rute Kereta di Jepang

Menggunakan transportasi umum di negara lain mungkin agak membingungkan pada awalnya. Apalagi jika baru pertama kali melihat peta kereta di Jepang yang begitu rumit dan belum terbiasa menggunakan fasilitas ini, mungkin akan panik.

Tapi jangan menyerah, karena jika kamu memilih untuk naik taksi, harga taksi di Jepang sangat mahal. Alih-alih mendapatkan pengalaman bepergian murah ke Jepang, itu justru akan membuatmu boros.

Rute Kereta di Jepang

Tips Perjalanan menggunakan Kereta di Jepang yang pertama adalah dengan memetakan tujuan perjalananmu. Setelah itu, tentukan jenis dan nama kereta yang akan digunakan. Ini cukup mudah karena ada peta rute kereta api di setiap wilayah yang berisi informasi perjalanan dengan beragam warna. Perbedaan warna ini menunjukkan nama kereta yang akan digunakan.

Tidak hanya rute perjalanan, peta rute kereta di Jepang juga telah dilengkapi dengan biaya yang harus dibayar. Dengan begitu, kamu bisa terlebih dahulu menyiapkan nominal uang yang harus dibayarkan sebelum membeli tiketnya secara manual ataupun dengan mesin otomatis.

Selain itu, sekarang ada opsi lain yang dapat kamu gunakan untuk mempermudah mencari rute kereta api di Jepang. Hyperdia aplikasi yang bisa kamu unduh di Android dan iOS yang akan membantumu mendapatkan informasi tentang kereta mana yang akan dipilih, jalur mana yang harus diambil, dan melihat harga tiket.

Itulah beberapa informasi tentang jenis dan rute kereta di Jepang. Semoga dapat menjadi panduan yang baik bagi perjalanmu nantinya, dan jangan lupa untuk tetap bersikap baik dan menjaga norma yang ada selama kamu di Jepang ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *