5 Cara Mengatasi PC Masuk BIOS Terus Ketika di Nyalakan

Pernahkah Anda mengalami pc yang gagal booting? Untuk itu Anda mungkin akan mencari cara mengatasi pc masuk bios terus. Bagaimana tidak? Jika ini terjadi berulang kali tentu akan menjadi hal yang menyebalkan bukan?

Hanya karena proses booting yang tidak berjalan sebagaimana mestinya, kinerja Anda dalam menggunakan pc dan laptop menjadi terganggu, untuk itulah kali ini kami akan memberikan solusi cara menghilangkan tampilan bios saat booting.

Penyebab PC Masuk Bios Terus

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan pc dan laptop gagal booting sehingga berulang kali masuk bios ketika dinyalakan. Adapun beberapa penyebab tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • HDD / SSD rusak atau tidak terdeteksi.
  • Keyboard bermasalah.
  • Baterai CMOS telah mati.
  • Sistem operasi yang digunakan corrupt.
  • Kesalahan setting pada BIOS.

Cara Mengatasi PC Masuk BIOS Terus

Dari beberapa penyebab yang telah kami jelaskan diatas. Terdapat banyak cara mengatasi laptop asus masuk bios terus yang dapat Anda lakukan. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat Anda coba untuk cara menghilangkan tampilan bios pada pc saat dinyalakan:

1. Mengembalikan Setting BIOS ke Default

Kesalahan setting pada bios sering kali menimbulkan permasalahan pada pc dan laptop, salah satunya adalah gagal booting. Maka dari itu cara setting bios agar langsung masuk windows adalah dengan dengan mengembalikannya ke default (pengaturan awal).

2. Mengganti Baterai CMOS

Terkadang baterai cmos yang mati dapat menyebabkan pc masuk bios ketika booting, maka daripada itu Anda harus segera mengganti baterai cmos yang mati tersebut. Caranya adalah dengan mebongkar pc atau laptop Anda dengan obeng, kemudian lepas dan ganti baterai cmos dengan yang baru.

3. Cabut Kabel Keyboard

Anda dapat lepaskan keyboard dengan mencabut kabel usb yang menghubungannya ketika akan menyalakan pc. Jika berhasil booting maka kesalahan ada pada keyboard, dan Anda dapat menggantinya dengan yang baru. Namun jika tidak silahkan ikuti langkah selanjutnya.

4. Pastikan HDD atau SSD Terbaca

Harap pastikan bahwa HDD atau SSD sudah terpasang, dan terdeteksi oleh komputer. Jika tidak terbaca, biasanya ditandai dengan munculnya tulisan "No Boot Device" ketika pc atau laptop dinyalakan. Oleh karena itu pastikan memasangnya dengan benar agar dapat terbaca pada PC / Laptop.

5. Lakukan Install Ulang

Jika beberapa cara diatas tidak berhasil, ada kemungkinan sistem operasi yang Anda gunakan saat ini mengalami corrupt. Untuk itu langkah terakhir yang dapat dilakukan adalah dengan menginstall ulang sistem operasi pada pc atau laptop yang Anda gunakan.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi pc dan laptop yang masuk bios terus menerus ketika dinyalakan. Semoga artikel ini dapat membantu, jika masih belum berhasil Anda dapat bertanya melalui kolom komentar yang berada dibawah ini.

Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
Tidak Ada Komentar
Komentar
comment url