WhatsApp Menunda Kebijakannya, Akun yang Menolak Tidak Jadi Dihapus pada 8 Februari

Sesudah menimbulkan pro dan kontra, WhatsApp memutuskan untuk menunda implementasi Kebijakan Privasi baru yang diumumkan pada permulaan Januari. Pada mulanya, WhatsApp berencana untuk menetapkan Kebijakan Privasi baru mereka pada tanggal 8 Februari 2021.

Apabila pengguna tak menerima kebijakan baru, akun pengguna yang menolak terancam akan dihapus. Karena hal tersebut, banyak para pengguna WhatsApp yang mencoba beralih ke aplikasi Signal dan Telegram. Tetapi, dalam berdasarkan informasi baru pada blog resminya, WhatsApp mengungkapkan bahwa mereka memperpanjang waktu pengguna untuk menerima kebijakan baru.

WhatsApp menyatakan bahwa aturan dalam Kebijakan Privasi barunya membuat banyak orang yang tidak mengerti takut akan kerahasiaan privasinya. Oleh sebab itu perlu bagi mereka untuk memberi pengguna lebih banyak waktu untuk menerima pembaruan kebijakan tersebut.

Dalam pernyataan yang sama, WhatsApp menjelaskan bahwa perubahan kebijakan akan berpengaruh terhadap percakapan (chat) kepada akun bisnis WhatsApp yang diterbitkan pada 2018. Meskipun pesan pribadi dan panggilan dapat dilindungi dengan fitur enkripsi end to end.

Pada Oktober tahun lalu, WhatsApp sudah menerbitkan fitur pembelian yang memungkinkan pengguna untuk berbelanja menggunakan aplikasi. Reuters berkata, WhatsApp mengatakan bahwa pesan pada akun bisnis memakai layanan hosting baru yang tak menggunakan fitur enkripsi end to end.

Kebijakan baru Whatsapp menyebabkan pro dan kontra karena dalam salah satu ketentuannya menjelaskan bahwa WhatsApp akan membagikan data kepada Facebook. Beberapa data yang akan ikut dibagikan kepada Facebook diantaranya IP, pembelian, pengidentifikasi (nomor telepon, nama, foto profil, dan info keuangan, penerapan data, konten pengguna, info kontak, dan diagnosis).

Sebelumnya, WhatsApp juga menyatkan bahwa mereka sudah mengirimkan data terbatas kepada Facebook semenjak tahun 2016. Namun, WhatsApp menjelaskan bahwa untuk lokasi yang dibagikan pengguna melalui pesan dan daftar kontak tak akan dikirim kepada Facebook.

Beri Komentar

Lebih baru Lebih lama