Tanggapan Xiaomi atas Pembatalan Sepihak pada Flash Sale POCO M3

Xiaomi Indonesia membatalkan transaksi POCO M3 di Lazada e-commerce senilai miliaran rupiah.
Tanggapan Xiaomi atas Pembatalan Sepihak pada Flash Sale POCO M3

Xiaomi Indonesia membatalkan transaksi POCO M3 di Lazada e-commerce senilai miliaran rupiah. Transaksi yang dibatalkan adalah transaksi yang dilakukan melalui program flash sale pada tanggal 26 Januari lalu.

Langkah ini telah diambil setelah Xiaomi telah menemukan banyak transaksi yang diidentifikasi sebagai hal yang "mencurigakan" dan menyebabkan pihaknya mengambil langkah-langkah yang buruk.

Namun tidak dijelaskan aktivitas "mencurigakan" yang seperti apa yang mereka maksud dan Xiaomi juga tidak memberikan kriteria khusus untuk pembatalan transaksi. Sehingga keputusan ini dianggap merugikan bagi pembeli POCO M3.

Beberapa dari mereka tiba-tiba mengeluhkan pembatalan tak wajar ini melalui jaringan sosial Twitter. Sebagian besar pembeli POCO M3 percaya bahwa pembatalan dilakukan secara sepihak dengan alasan yang tidak masuk akal.

Tanggapan dari Xiaomi Terkait Pembatalan Sepihak

Andi Renreng, PR Xiaomi Indonesia, mengatakan bahwa pembatalan transaksi tersebut merupakan cara meredam pihak yang membeli produk untuk dijual kembali dengan harga yang lebih tinggi daripada harga resmi.

Andy menambahkan bahwa upaya ini adalah bagian dari komitmen untuk memastikan bahwa konsumen membeli produk dengan harga resmi serta menjaga ekosistem penjualan di Indonesia tetap stabil.

Untuk pembeli yang terkena dampak pembatalan ini, Xiaomi akan mengadakan flash sale tambahan di Lazada pada 29 Januari 2021 pukul 10:00 WIB. Kemudian, penjualan ditanggal 2 Februari akan tetap mengikuti jadwal aslinya. Pembeli yang terkena dampak ini dapat mengakses halaman flash sale.

Belum lama ini, POCO Indonesia mengklaim telah menjual 50.000 POCO M3 hanya dalam waktu 5 menit melalui flash sale yang diadakan ditiga e-commerce LAZADA, Akulaku dan MI.com pada 26 Januari yang lalu.

Sebagai informasi, POCO M3 yang dirilis pada 22 Januari menyajikan berbagai keunggulan. Selain baterai raksasa dengan kapasitas 6.000 mAh. Ponsel ini ditenagai oleh chipset Snapdragon 662 dan dua pilihan RAM, yaitu 4 GB/64GB dan 6 GB/128 GB.

Kemampuan dukungan penyimpanan ini dapat ditambahkan dengan kartu microSD sampai 512 GB. Di Indonesia, harga resmi POCO M3 adalah senilai 2,2 juta dan harga offline dijual sekitar 2,3 juta.