Alasan Samsung Galaxy S21 Ultra Membutuhkan Dua Kamera Telefoto

Pada tiga smartphone seri Samsung Galaxy S21, Samsung Galaxy S21 Ultra memiliki kamera yang paling banyak.
Alasan Samsung Galaxy S21 Ultra Membutuhkan Dua Kamera Telefoto

Pada tiga smartphone seri Samsung Galaxy S21, Samsung Galaxy S21 Ultra memiliki kamera yang paling banyak. Diantaranya adalah 4 bauh kamera belakang, dimana terdapat dua kamera telefoto, dengan masing-masing zoom optik mencapai 3x dan 10x.

Kenapa diperlukan dua kamera telefoto? Pemasaran Produk Samsung Electronics Indonesia, Taufiq Furqan, mengatakan bahwa alasannya yaitu untuk meningkatkan hasil foto disaat pengguna melakukan pembesaran (zooming).

Pada umumnya, rata-rata teknik ekspansi optik (3x) diaplikasikan untuk pengambilan gambar dalam mode potret, sementara pembesaran optik jarak jauh (10x) diaplikasikan untuk mengamati obyek dengan jelas di kejauhan.

Dengan memakai dua tahapan pembesaran yang berbeda, hasil foto akan lebih bagus pada zoom sedang (3x) dan dari jauh (10x) sebab itu merupakan hasil dari zoom optik, tanpa adanya zoom digital menggunakan kamera ultra wide atau kamera telefoto dengan jarak dekat.

Berkenaan dengan spesifikasi, dua kamera telefoto ini juga yakni resolusi 10 MP. Lensa yang diaplikasikan berbeda, dengan focal length 70 mm (berimbang dengan full frame) dan aperture F / 2.4 untuk pembesaran 3x dan focal length 240 mm F / 4.9 untuk pembesaran 10x.

Sebab jangkauan zoom optik yang mencapai 10x pembesaran (diperbandingkan dengan kamera utama), kamera telefoto Galaxy S21 bisa menghasilakn pembesaran digital lebih bagus ketimbang kamera telefoto pada Galaxy S20 sebelumnya, walau resolusinya berbeda jauh (10 MP diperbandingkan dengan 48 MP).

Sebab pada kamera telefoto Samsung Galaxy S21 dimulai dengan spot zoom yang lebih besar, yaitu 10x, sedangkan kamera telefoto pada Samsung Galaxy S20 diawali pada pembesaran 4x. Galaxy S21 juga cuma membutuhkan pembesaran digital yang lebih sedikit.